Gempa 5.9 Guncang Nias


Sumber :
WWW.http://news.okezone.com
OKEZONE– MNC Online
Baringin Lumban Gaol
 
DOLOKSANGGUL- Gempa dengan kekuatan 5,9 SR pada pukul 21:01:44 WIB di 1.55 LU - 97.05 BT 5.9 SR 15 km, di 67 km barat Laut Gunungsitoli-Sumut menguncang Pulau Nias. Gempa ini juga dirasakan di sejumlah kawasan Tapanuli bagian utara.


Meskipun tidak ada tanda-tanda terjadinya tsunami namun pihak BMKG meminta warga agar tetap waspada. Kewaspadaan tersebut tidak perlu berlebihan. Sebab, sejauh ini dari hasil pantauan BMKG kekuatan gempa sangat tidak perpotensi untuk menimbulkan adanya gelombang air laut yang besar atau tsunami.

“Kalau gempa itu ada di kedalaman laut. Namun sejauh ini kita prediksi tidak menimbulkan tanda-tanda tsunami,” terang Kepala Bidang Data dan Informasi Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Wilayah I Medan Hendra Suarta, Rabu (6/4/2011).

Hendra memaparkan gempa tersebut terjadi akibat adanya aktivitas lempengan. Sehingga menimbulkan pergeseran pada perut bumi. Sementara untuk kawasan daratan yang juga turut serta merasakan gempa juga tidak perlu khawatir secara berlebihan.

Namun harus tetap mewaspadai adanya kemungkinan longsor di kawasan tebing. “Kalau akibat gempanya memang tidak akan begitu ada. Namun tidak menutup kemungkinan akibat gempa yang disusul hujan di sejumlah akwasan seperti Taput dan Humbahas akan menimbulkan adanya longsor,” katanya.

Warga harus memahami bahwa pada dasarnya gempa tidak mematikan, melainkan dampak dari gempa itulah yang dapat menelan korban. Karena itulah jika terjadi gempa warga harus segera lari ke daerah yang lapang serta jauh dari tebing yang mungkin lonsor atau gedung-gedung bertingkat yang mungkin saja dapat roboh. “Jika kita lihat dari peristiwa yang terjadi selama ini, jatuhnya korban disebabkan efek gempanya,” katanya.
(Baringin Lumban Gaol/Koran SI/ram)

0 Sian akka dongan:

Posting Komentar