Pemerintah Diminta Efektifkan Puskesmas

Sumber :
WWW.SEPUTAR-INDONESIA.COM
Seputar Indonesia– MNC Newspaper
Baringin Lumban Gaol


TARUTUNG – Puskesmas dan Puskesmas Pembantu (Pustu) di Kabupaten Tapanuli Utara (Taput) harus diefektifkan untuk mengantisipasi dampak dari cuaca buruk yang bisa mengakibatkan gangguan kesehatan.


Anggota Komisi A DPRD Taput Jasa Sitompul mengatakan, saat ini sudah banyak wargayang mengeluhkan cuaca yang buruk karena menimbulkan sejumlah penyakit seperti demam dan flu. Selain itu curah hujan yang tinggi juga bisa mengakibatkan penyakit diare dan demam berdarah dengue (DBD).

“Pemerintah harus mengefektifkan puskesmas dan pustu di seluruh Taput untuk mengantisipasi penyakit akibat cuaca yang buruk. Jangan sampai ketika ada korban, pemerintah menyalahkan alam nantinya,”paparnya kemarin.

Selain sosialisasi, Jasa berharap agar pemerintah daerah menjamin ketersediaan obat apabila ada wabah penyakit yang disebabkan cuaca yang tidak stabil. Pemerintah melalui petugas medis di tingkat kelurahan dan desa juga perlu memberikan sosialisasi kepada warga tentang langkahlangkah yang harus dilakukan untuk mengantisipasi berbagai penyakit.

Salah satu bidan desa di Desa Siandorandor,Tarutung, Sabrina Damanik mengatakan, saat ini belum ada dampak yang menonjol akibat perubahan cuaca di desanya.Namun, beberapa warga setempat mengalami deman. Meskipun dampaknya belum begitu terasa, Sabrina mengatakan dirinya sudah siap melayani warga selama 24 jam. Berbagai jenis obat-obatan yang dibutuhkan juga sudah tersedia agar warga yang sakit bisa segera diobati. “Kami akan tetap memantau jika ada warga yang sakit dan butuh pengobatan,” tuturnya.

0 Sian akka dongan:

Posting Komentar